Cyber4G Blog

Sharing Ilmu Teknik Komputer dan Jaringan. SMK Negeri 3 Kota Bekasi.

Jenis-jenis Memori Komputer

Berikut ini Cyber4G akan memberitahukan apa saja sih jenis-jenis memori komputer? Gunanya dari masing-masing memori tersebut apasih? Sekarang kita bahas nih pelajaran dasar, paling dasar dari teknik komputer dan jaringan.

1. Register adalah memori yang bekerja dengan kecepatan tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer.

2. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca dan tidak dapat dirubah atau bahkan dihapus. ROM berfungsi untuk menyimpan program operas komputer seperti BIOS dan Program Booting.

3. RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat di akses secara random (acak). RAM berfungsi untuk menyimpan program yang sedang kita jalankan untuk sementara waktu.

4. Cache Memory adalah memori berukuran kecil yang berkecepatan tinggi dan berfungsi untuk menyimpan sementara intruksi dan data (informasi) yang diperlukan processor.

5. Harddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas besar yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data. Ada dua jenis harddisk yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal.

6. CD (Compact Disk) merupakan media penyimpanan yang memiliki format seperti Compact Disk Audio. CD dibagi menjadi dua, yaitu CD-R dan CD-RW (bisa diatur berulang kali).

7. Flashdisk merupakan media penyimpanan yang bentuknya kecil dan tidak memerlukan drive khusus tetapi hanya memerlukan Port USB.
0 Komentar untuk "Jenis-jenis Memori Komputer"

 
Copyright © 2015 Cyber4G Blog - All Rights Reserved
Template By Catatan Info